Piala Dunia FIFA 2002

Piala Dunia FIFA 2002 merupakan pertama kalinya Piala Dunia FIFA dilangsungkan di luar Benua Amerika dan Eropa. Turnamen ini juga merupakan kali pertama di mana final Piala Dunia dilangsungkan di dua negara : Korea Selatan dan <a title="Jepang" href="http://id.wikipedia.org/wiki/Jepang”>Jepang. Piala Dunia ini berlangsung mulai tanggal 31 Mei dan berakhir pada 30 Juni 2002 dan diselenggarakan di 20 kota di Korea Selatan dan Jepang.

Tempat Penyelenggaraan

Flag of South Korea.svg Korea Selatan dan Flag of Japan.svg Jepang masing – masing mempersiapkan sepuluh stadion. Mayoritas dari stadion yang disiapkan adalah stadion yang baru dibangun untuk menyongsong turnamen ini.

Flag of South Korea.svg Korea Selatan

Kota ↓ Stadion ↓ Kapasitas ↓ Dibuka ↓
Daegu Stadion Piala Dunia Daegu 68.014 Mei 2001
Seoul Stadion Piala Dunia Seoul 64.677 Maret 2001
Busan Stadion Busan Asiad 55.983 Juli 2001
Incheon Stadion Incheon Munhak 52.179 Desember 2001
Ulsan Stadion Sepak Bola Munsu 43.550 28 April 2001
Suwon Stadion Piala Dunia Suwon 43.188 Mei 2001
Gwangju Stadion Piala Dunia Gwangju 42.880 September 2001
Jeonju Stadion Piala Dunia Jeonju 42.391 September 2001
Seogwipo Stadion Piala Dunia Jeju 42.256 Desember 2001
Daejeon Stadion Piala Dunia Daejeon 40.407 September 2001

Flag of Japan.svg Jepang

Kota ↓ Stadion ↓ Kapasitas ↓ Dibuka ↓
Yokohama Stadion Internasional Yokohama 70.000 Oktober 1997
Saitama Stadion Saitama 2002 63.000 Juli 2001
Fukuroi Stadion Shizuoka 50.600 Maret 2001
Osaka Stadion Nagai 50.000 Mei 1996
Rifu Stadion Miyagi 49.000 Maret 2000
Ōita Stadion Ōita 43.000 Maret 2001
Niigata Stadion Niigata 42.300 Maret 2001
Kashima Stadion Kashima 42.000 Mei 2001
Kobe Stadion Kobe Wing 42.000 Oktober 2001
Sapporo Sapporo Dome 42.000 Mei 2001

Proses kualifikasi

Keenam konfederasi FIFA dijatahkan 32 tempat berdasarkan kekuatan tim-tim mereka. Distribusinya akhirnya ditetapkan sebagai berikut:

  • Eropa – diwakili UEFA: 50 tim memperebutkan 13,5 tempat (Perancis langsung lolos sebagai juara bertahan; jadi Eropa sebenarnya mempunyai jatah 14,5 tempat)
  • AfrikaCAF: 51 tim, 5 tempat
  • Amerika SelatanCONMEBOL: 10 tim, 4,5 tempat
  • AsiaAFC: 40 tim, 2,5 tempat (Korea Selatan dan Jepang langsung lolos sebagai tuan rumah; jadi Asia sebenarnya mempunyai jatah 4,5 tempat)
  • Amerika Utara, Tengah dan Karibia – CONCACAF: 35 tim, 3 tempat
  • OseaniaOFC: 10 tim, 0,5 tempat

Catatan tentang kualifikasi

Untuk terakhir kalinya juara bertahan akan langsung lolos sehingga Perancis akan lolos secara langsung.

Ringkasan

Babak Pertama

Maskot Piala Dunia FIFA 2002

Kejutan telah terjadi sejak awal turnamen. Pada pertandingan pembukaan yang dilaksanakan di Stadion Piala Dunia Seoul pada 31 Mei 2002, juara bertahan, Perancis ditaklukan debutan asal Afrika, Senegal melalui gol tunggal Papa Bouba Diop pada menit ke–30. Perancis kemudian tersingkir tanpa mencetak 1 gol sama sekali. Pada pertandingan selanjutnya Perancis hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan Uruguay dan takluk 0 – 2 dari Denmark. Hal itu merupakan hal terburuk sejak digelarnya Piala Dunia yang digelar sejak tahun 1930.

Brasil tak mendapat perlawanan berarti di penyisihan Grup C. Turki dikalahkan dengan skor 2 – 1, Republik Rakyat Cina dikandaskan 4 – 0, dan Kosta Rika ditaklukan dengan skor 5 – 2.

Di penyisihan grup D, kejutan lainnya terjadi. Amerika Serikat mengawali perjalanannya dengan mengalahkan Portugal 3 – 2. Portugal sempat bangkit dengan menang atas Polandia, tetapi langkahnya berakhir dengan kekecewaan setelah dikalahkan tim kejutan lainnya, Korea Selatan.

Jerman sama sekali tidak difavoritkan di awal turnamen. Perjalanan Jerman diawali dengan menggilas Arab Saudi 8 – 0, Kamerun 2 – 0, serta imbang dengan Irlandia 1 – 1.

Eropa membalas di grup neraka. Inggris dan Swedia berhasil menyisihkan Tim Tango Argentina dan tim golongan atas Afrika, Nigeria.

Partai balas dendam antara Inggris dan Argentina dilangsungkan di Sapporo Dome, Jepang, pada 7 Juni 2002. Kapten Inggris, David Beckham, yang diberi kartu merah pada empat tahun lalu, menjadi bintang dengan gol tunggalnya dari titik penalti. Argentina, yang kemudian bermain imbang 1 – 1 dengan Swedia di pertandingan terakhir, harus pulang lebih awal dari perkiraan.

Tim tuan rumah lainnya, Jepang, membuat kejutan dengan lolos dari penyisihan Grup H, yang dihuni Belgia, Rusia, dan Tunisia.

Babak Ke-dua

Jerman berhasil mengatasi Paraguay dengan 1 gol, sementara Inggris berhasil menaklukan tim Eropa lainnya, Denmark. Langkah Senegal yang membuat kejutan di penyisihan grup berlanjut di babak kedua. Gol emas Henri Camara menundukkan Swedia.

Adu penalti pertama terjadi di Stadion Piala Dunia Suwon antara Spanyol dan Irlandia. Spanyol berhasil mengalahkan Irlandia dengan skor 3 – 2. Pertemuan sesama tim Amerika Utara antara Meksiko dan Amerika Serikat berakhir dengan kemenangan Amerika Serikat 2 gol tanpa balas. Setelah mendapat perlawanan mudah di penyisihan grup C, Brasil melanjutkan perjalanannya dengan mengandaskan Belgia dengan skor 2 – 0. Langkah Jepang dihentikan Turki di putaran kedua melalui gol tunggal Ümit Davala. Tapi setidaknya hasil ini menunjukkan bahwa sepak bola Asia sudah menyejajarkan diri. Korea Selatan bertemu dengan tim besar Eropa, Italia dan menang 2 – 1 berkat gol emas Ahn Jung Hwan. Ironisnya, gol tersebut membuat Ahn didepak klub Seri A Italia, Perugia.

Pertemuan dua tim besar dunia berbeda zona antara Inggris dan Brasil terjadi di babak perempat final yang dilangsungkan pada 21 Juni 2002. Brasil berhasil menang 2 – 1, namun Ronaldhino mendapat kartu merah dari wasit Felipe Ramos Rizo asal Meksiko. Setelah sebelumnya hanya menang melalui 1 gol, Jerman lagi – lagi menang melalui 1 gol atas Amerika Serikat. Meski melalui pertandingan panjang dan adu penalti, Korea Selatan berhasil mengandaskan langkah Spanyol setelah bermain imbang tanpa gol di 120 menit. Pada adu penalti Korea Selatan berhasil menang 5 – 3 setelah Joaquin gagal mengeksekusi penalti. Senegal yang menang melalui gol emas saat melawan Swedia, kali ini takluk dari Turki melalui gol emas Ilhan Mansiz.

Di babak semi – final, Jerman mampu menaklukan tim tuan rumah Korea Selatan melalui gol tunggal Michael Ballack. Meski kalah, namun hasil tersebut sudah menjadi sukses luar biasa bagi Korea Selatan dan Asia. Sementara itu, partai ulangan grup C terjadi. Brasil berhasil kembali menaklukan Turki. Kali ini dengan skor 1 – 0 melalui gol tunggal Ronaldo. Di penyisihan grup C, Brasil menaklukan Turki dengan skor 2 – 1.

Turki mengakhiri turnamen ini dengan menduduki peringkat ke-tiga setelah menang atas Korea Selatan di pertandingan perebutan tempat ke-tiga dihadapan 63.483 penonton dengan skor akhir 3 – 2. Pertandingan penutup turnamen ini mempertemukan dua tim raksasa dunia yang sudah sering masuk ke babak final di Stadion Internasional Yokohama, 30 Juni 2002. Baik Jerman maupun Brasil sudah 6 kali masuk ke babak final. Mandulnya lini depan Jerman dan ditambah dengan absenya kapten Michael Ballack membuat Jerman tak mampu berbuat banyak. Ronaldo, yang empat tahun lalu tampil buruk, kali ini menjadi pahlawan. Dua golnya memberikan gelar kelima bagi Brasil. Gelar juara yang diraih Brasil menjadikan Brasil sebagai tim nasional yang selalu bisa meraih gelar juara Piala Dunia FIFA di benua mana pun dilangsungkan.

Hasil Akhir

Juara Pertama Piala Dunia FIFA
Turnamen Ke-Tujuh Belas Tahun 2002
Flag of Brazil.svg
Brasil
Gelar Ke–5
Runner-Up Piala Dunia FIFA
Turnamen Ke-Tujuh Belas Tahun 2002
Flag of Germany.svg
Jerman
Runner-Up Kali Ke-tiga[2]
Juara Ke-tiga Piala Dunia FIFA
Turnamen Ke-Tujuh Belas Tahun 2002
Flag of Turkey.svg
Turki
Pemenang Ke-Tiga Pertama
Pemenang Ke-empat Piala Dunia FIFA
Turnamen Ke-Tujuh Belas Tahun 2002
Flag of South Korea.svg
Korea Selatan
Pemenang Ke-Empat Pertama

Penghargaan

Pemenang Sepatu Emas Pemenang Bola Emas Penghargaan Lev Yashin Trofi Fair Play FIFA Tim Paling Menghibur
Flag of Brazil.svg Ronaldo Flag of Germany.svg Oliver Kahn Flag of Germany.svg Oliver Kahn Flag of Belgium (civil).svg Belgia Flag of South Korea.svg Korea Selatan

Tim pilihan (All stars team) FIFA

Penjaga gawang Pemain bertahan Pemain tengah Pemain depan
Bendera Jerman Oliver Kahn
Bendera Turki Rüştü Reçber
Bendera Brasil Roberto Carlos
Bendera Inggris Sol Campbell
Bendera Korea Selatan Hong Myung-Bo
Bendera Spanyol Fernando Hierro
Bendera Turki Alpay Özalan
Bendera Amerika Serikat Claudio Reyna
Bendera Brasil Rivaldo
Bendera Brasil Ronaldinho
Bendera Jerman Michael Ballack
Bendera Korea Selatan Yoo Sang-Chul
Bendera Brasil Ronaldo
Bendera Jerman Miroslav Klose
Bendera Senegal El Hadji Diouf
Bendera Turki Hasan Şaş

Pencetak gol

8 gol

5 gol

4 gol

3 gol

2 gol

1 gol

Gol Bunuh Diri

Lain-lain

  • Maskot: Ato, Kaz, dan Nik (The Spheriks)
  • Bola resmi: Fevernova
  • Menjelang turnamen, ketakutan akan keamanan sangat terasa menyusul serangan 11 September 2001 ke Kota New York dan Washington, Amerika Serikat.
  • Jumlah peserta : 192 (32 di putaran final)
  • Total penonton : 2.705.197 orang
    • Jumlah penonton saat babak penyisihan grup di Korea Selatan : 919.300 orang
    • Jumlah penonton saat babak penyisihan grup di Jepang : 1.050.446 orang
    • Jumlah penonton saat babak gugur : 735.451 orang
  • Rata – rata jumlah penonton : 42.369 per pertandingan
  • Pertandingan dengan kehadiran terendah : Pertandingan Babak Penyisihan Grup B antara Spanyol dan Paraguay (hanya 24.000 orang yang hadir dari 42.391 tempat duduk yang disediakan)
  • Rata – rata kapasitas stadion : 49.471 tempat duduk

sumber:id.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: