Piala Dunia FIFA 1970

Piala Dunia FIFA 1970 merupakan edisi kesembilan dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Meksiko, 31 Mei hingga 21 Juni 1970. Meksiko dipilih FIFA pada bulan Oktober 1964 dalam sidang di Tokyo, Jepang. Edisi ini adalah edisi pertama Piala Dunia dilaksanakan di negara Amerika Utara, membuat turnamen dilaksankan di luar Amerika Selatan dan Eropa. Turnamen ini dimenangkan Brasil, setelah memenangkan pertandingan final atas Italia dengan skor 4 – 1, sehingga Brasil menjadi tim pertama yang memenangkan Piala Dunia untuk kali ketiga dan berhak memiliki Piala Jules Rimet untuk selamanya. Sementara, Jerman Barat meraih juara ketiga setelah menang dengan skor 1 – 0 atas Uruguay. Baik pertandingan final maupun pertandingan perebutan tempat ketiga dilaksanakan di Stadion Azteca, Kota Meksiko.
Untuk kali pertama, pergantian permain dibolehkan dalam ajang Piala Dunia. Pada turnamen ini, setiap tim diperbolehkan melakukan dua kali pergantian pemain. Uni Soviet menjadi tim pertama yang melakukan pergantian, saat menghadapi Meksiko pada pertandingan pembuka. Viktor Serebryanikov menjadi pemain pertama yang ditarik keluar, dan digantikan oleh Anatoly Puzach pada menit ke-45.
Untuk kali pertama pula, Piala Dunia menggunakan kartu kuning dan merah untuk peringatan dan pengusiran. Pada pertandingan pembuka, lima kartu kuning keluar dari saku wasit Kurt Tschenscher dari Jerman Barat, dan total 33 kartu kuning keluar selama turnamen (rata – rata 1,03 per pertandingan), sementara tidak ada kartu merah yang keluar selama turnamen.
Total sejumlah 75 tim mengikuti babak kualifikasi. Tim besar yang gagal lolos antara lain : Perancis, Portugal, Hongaria, Argentina, dan Spanyol. Sementara itu, Maroko menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia setelah Perang Dunia II.

Maskot resmi Piala Dunia edisi kali ini dinamai Juanito, yang digambarkan sebagai seorang pria yang menggunakan seragam timnas Meksiko dan sebuah sombrero yang bertuliskan “Mexico 70”.

5 stadion di 5 kota menjadi tempat penyelenggaraan turnamen.

Stadion Azteca

Kapasitas : 114.600

Kota Meksiko

Stadion Jalisco

Kapasitas : 56.713

Guadalajara

Stadion Cuauhtémoc

Kapasitas : 42.648

Puebla

Stadion Nou Camp

Kapasitas : 33.943

León

Stadion Luis Dosal

Kapasitas : 27.000

Toluca

Penghargaan

Sepatu Emas adidas

Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang mencetak gol terbanyak selama turnamen berlangsung.

Sepatu Emas Sepatu Perak Sepatu Perunggu
Flag of Germany.svg Gerd Mueller (Flag of Germany.svg Jerman Barat) 10 Gol Bendera Brasil Jairzinho (Bendera Brasil Brasil) 7 Gol Flag of Peru.svg Teofilo Cubillas (Flag of Peru.svg Peru) 2 Gol

Penghargaan Fair Play FIFA

Penghargaan ini diberikan kepada klub yang meraih poin tertinggi menurut kriteria Komite Fair Play FIFA selama turnamen berlangsung.

Fair Play Flag of Peru.svg Peru

Catatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: