Piala Dunia FIFA 1950

Piala Dunia FIFA 1950, digelar di Brasil, pada tanggal 24 Juni hingga 19 Juli. Piala Dunia ini merupakan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA yang pertama setelah terjadinya Perang Dunia II, yang berlangsung selama sekitar 12 tahun. Brasil dipilih FIFA pada 1 Juli 1946 dalam Kongres FIFA di Luksemburg. Turnamen ini dimenangkan Uruguay, yang telah memenangkan kompetisi pertama pada tahun 1930, mengalahkan Brasil dengan skor 2 – 1 dalam babak final. Kemenangan Uruguay membuat kemajuan besar di sejarah dunia olahraga yang dikenal sebagai Maracanazo.

Piala Dunia kali ini juga kembali ke format awal seperti PD 1930, yang menggunakan sistem grup. Alasannya, agar tim-tim yang kalah di babak awal, tidak pulang terlalu cepat, mengingat jauhnya jarak tempuh menuju Brasil.

Dari 16 negara peserta awal, tiga negara (Turki, Skotlandia dan India) memilih mengundurkan diri. Dan 13 negara lainnya seperti Brasil, Uruguay, Yugoslavia, Swiss, Meksiko, Spanyol, Inggris, Chili, Amerika Serikat, Swedia, Italia, Paraguay dan Bolivia, terbagi dalam empat grup. Setiap juara grup melaju ke babak kedua.

Namun, sistem grup juga terjadi di babak kedua. Uruguay, Brasil, Swedia dan Spanyol kembali saling dipertemukan untuk mencari yang terbaik. Uruguay akhirnya keluar sebagai pemenang setelah pada laga penentuan mengalahkan Brasil 2-1, dan unggul hanya satu poin. Kemenangan Uruguay membuat kemajuan besar di sejarah dunia olahraga yang dikenal sebagai Maracanazo.

Brasil juga membangun stadion terbesar di dunia pada saat itu, yakni Stadion Maracana. Stadion ini berkapasitas mencapai 200 ribu penonton, namun pada akhirnya akan dipugar dan hanya berkapasitas 85 ribu penonton

Penghargaan

Sepatu Emas Sepatu Perak
Ademir de Menezes ( Brasil) Estanislao Basora Brunet ( Spanyol) dan Óscar Omar Miguez ( Uruguay)

6 stadion di 6 kota menjadi tempat penyelenggaraan turnamen ini.

Kota Stadion Kapasitas
Belo Horizonte Stadion Kemerdekaan 18.000
Curitiba Stadion Durival de Brito 15.000
Porto Alegre Stadion Eucaliptos 20.000
Recife Stadion Ilha do Retiro 35.000
Rio de Janeiro Stadion Maracanã 200.000
Sao Paulo Stadion Pacaembu 60.000




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: