Piala Dunia 1938

ITALIA sebagai juara bertahan, langsung masuk otomatis ke putaran final Piala Dunia 1938. Prancis ditunjuk sebagai tuan rumah dan menjamu 15 negara peserta. Format yang digunakan pada PD kali ini masih sama dengan PD 1934.
Tim peserta kali ini adalah Italia, Norwegia, Prancis, Belgia, Brasil, Polandia, Cekoslovakia, Belanda, Hongaria, Hindia-Belanda (Indonesia), Swiss, Jerman, Swedia, Austria, Kuba, Rumania.
Di Piala Dunia inilah Indonesia yang dulu masih bernama Hindia Belanda, ikut berpartisipasi. Sayang, langkah Indonesia harus terhenti di babak pertama dan takluk enam gol tanpa balas dari Hungaria. Tercatat, Indonesia adalah negara Asia pertama yang ikut ambil bagian di Piala Dunia.
Prancis yang kali ini didapuk sebagai tuan rumah oleh FIFA. Prancis menyediakan 10 venue sebagai tempat berlansgungnya laga. Hanya, langkah Prancis harus terhenti di babak kedua, dan kalah dari Italia 1-2.
Hongaria melesat dan mampu menembus laga final, usai mengalahkan Swedia 5-1 di semifinal. Sementara Italia mengalahkan Brasil 2-1 di laga semifinal lainnya. Partai final pun mempertemukan Italia vs Hongaria.
Ada cerita menarik di laga final ini, dimana sebelum laga pemimpin otoriter Italia Benito Mussolini mengirimkan telegram kepada pemain Italia. isi telegram itu adalah Vincere o morire! (Menang atau mati!). Semua pemain pun tidak bisa bermain lepas dan Hongaria dengan sengaja memberikan kemenangan kepada Italia demi menyelamatkan nyawa. Jadilah Italia mempertahankan gelar Piala Dunia.
sumber:afsel2010.okezone.com
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: